Beranda Djadja Subagdja

Yuk kita bebenah!

Instruksi Pak Guru di FB

Posted by djadjasubagdja on December 30, 2008

Teman sekolah saya, Sonny Sam, yang sekarang menjadi guru di sebuah SMA Negeri di Bandung (yang juga kebetulan adalah almamater kami), menuliskan petunjuk bagi murid-muridnya di Facebook. Petunjuk itu menginstruksikan agar murid-muridnya membaca tulisannya tentang info Ujian Masuk UGM yang ada di Note yang dia tulis di Facebook. Terus terang, baru pertama kali ini saya melihat pemanfaatan sebuah situs komunitas gratisan untuk keperluan pendidikan formal. Apa yang dilakukan Sonny ini sungguh inovatif, pasti sangat sedikit orang yang berfikir bahwa sebuah situs komunitas seperti Facebook bisa dimanfaatkan sebagai penunjang pendidikan formal.

Di Amerika Serikat, sekitar tahun 90-an, ketika teknologi informasi mulai dipakai sebagai sarana penunjang pendidikan, ada dua hal utama yang dimanfaatkan dosen dan mahasiswa, yakni pencarian informasi di web dan pengumpulan tugas ke e-mail sang dosen. Dalam perkembangannya, di dalam negri, sekitar tahun 2000-an, banyak implementer, yang sedang mengimplementasikan sistem berbasis IT di tempat client, memanfaatkan YM (Yahoo! Messenger) untuk berkomunikasi dengan para programmer di kantor. Sekarang ini, banyak kantor yang memanfaatkan Skype untuk melakukan pembicaraan jarak jauh antar karyawannya.

Jika kita cermati dari fenomena di atas, sungguh, kemajuan teknologi informasi telah membuat kita dapat melakukan banyak hal dengan cerdas dan murah. Ya, cerdas, karena memanfaatkan teknologi tinggi dengan cara kita sendiri. Murah, karena semua aplikasi yang saya sebutkan di atas harganya nol, alias gratis. Satu-satunya biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya koneksi internet yang kian hari kian murah.

Kembali pada instruksi Sonny Sam di Facebook yang dia tujukan untuk murid-muridnya. Tentunya ada pertimbangan-pertimbangan lain yang telah difikirkannya selain kenyataan bahwa yang bersangkutan adalah pengguna aktif situs ini. Pada saat ini situs-situs komunitas semacam Facebook sedang menjadi trend di kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, bahkan ibu rumah tangga. Pastinya, hal ini pula yang menjadi pemikiran Sonny mengapa instruksinya dilakukan melalui Facebook. Lebih dari itu, meski saat ini musim libur, para murid tetap bisa membaca petunjuk pak Sonny. Hebat euy!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: