Beranda Djadja Subagdja

Yuk kita bebenah!

Jangan Lupakan Media Sederhana

Posted by djadjasubagdja on November 27, 2008

Dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa sehubungan dengan keterbatasan dana dan kurangnya sponsor yang kami dapatkan, kami tidak dapat lagi melanjutkan layanan kami di Facebook. Kami percaya situs ini telah menjadi andalan bagi Anda dalam membina pertemanan dan anda telah merasakan manfaat yang nyata selama ini. Namun, bagaimanapun, terpaksa situs ini kami tutup dengan alasan tersebut di atas. Terima kasih Anda telah bersama kami selama ini dan kami benar-benar menyesal dengan ketidaknyamanan ini. Salam kami, Tim Facebook.
Coba anda bayangkan, bagaimana bila suatu hari, ketika anda membuka situs Facebook dan menemukan pengumuman seperti tersebut di atas? Tentu saja kita semua akan terkejut dan sekaligus kebingungan. Ya, bagaimana tidak kebingungan, karena selama ini kita mengandalkan Facebook juga sebagai tempat parkir data teman-teman kita. Kita dengan mudahnya menginformasikan sesuatu untuk teman atau grup kita melalui Facebook. Kita juga dengan mudahnya mendapatkan informasi tentang teman dan grup kita dari Facebook.

Secara tidak sadar, kita telah menganggap Facebook sebagai dunia nyata kita. Di sana ada home teman-teman kita, dan kita anggap itu benar-benar sebagai rumah teman kita. Tidak hanya data di Facebook. Begitupun dengan alamat imel (e-mail address) teman-teman kita. Itupun, secara tidak sadar, kita anggap sebagai alamat teman kita. Coba bayangkan kalau Facebook, Friendster, Blogspot, WordPress, Yahoo-mail, g-mail, hotmail, atau layanan imel dan pertemanan gratis lainnya tutup?

Ya, benar jawaban anda. Kan masih ada nomor ponsel mereka di ponsel kita. Oke lah, itu memang benar. Namun siapa yang menjamin bahwa ponsel kita tidak rusak. Siapa yang menjamin sim-card kita tidak rusak? Katakanlah kita memanfaatkan bank data di operator seluler kita, tapi siapa yang menjamin data nomor ponsel di operator pasti ada? Ingat ketika jaman krisis tahun 1998. Bahkan bank milik negara pun bisa tutup. Semua bisa terjadi.

Katakanlah anda simpan semua alamat imel teman anda, apakah itu di Outlook, di Lotus_Notes, di Lotus_Domino, di mail_server, di e-mail berbasis web (seperti yahoo_mail, gmail, atau hotmail). Pertanyaannya adalah, siapa yang menjamin itu semua tidak akan langgeng? Katakanlah ada back-up. Namun juga, bagaimana kalau back-up-nya juga rusak? Kalau sampai ini terjadi, ini memang boleh dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Namun ingat, yang luar biasa itu BISA terjadi!

Jika terjadi hal yang demikian. Apa yang bisa kita lakukan? Katakanlah terjadi gangguan jaringan internet (ini pernah terjadi saat ISP tidak bisa terhubung ke backbone selama beberapa hari), sehingga kita tidak bisa mengirim imel ke gmail atau hotmail seorang teman. Nomor ponselnya juga hilang lantaran ponsel kita dimasukkan ke bak mandi oleh di kecil. Apa yang akan kita lakukan jika kita harus segera menghubungi seorang teman atau kenalan, sementara kita tidak tahu alamat rumahnya? Padahal kita perlu segera menghubungi dia untuk sebuah urusan penting.

Hal itu bisa kita hindari jika kita memiliki back up data. Pertanyaan selanjutnya adalah media apa yang cukup andal untuk mem-back-up data penting kita seperti nomor ponsel, alamat, dan alamat imel? Jawabnya adalah buku alamat. Sederhana tapi jarang ngadat. Bisa dipakai tanpa perlu di-charge terlebih dahulu, yang penting jangan sampai ketumpahan kopi atau hilang. Jadi, mulailah memasukkan e-mail dan nomor teman di sebuah buku alamat. Seperti yang dilakukan orang tua kita.

Dulu, ketika jaman kuliah, saya memakai software Chiwriter untuk menulis skripsi (1994). Sekarang ini, Chiwriter sudah tidak ada lagi. Otomatis file skripsi saya tidak bisa dibuka. Ketika menulis thesis (2001), saya simpan file-nya di harddisk dan CD. Ketika komputer saya rusak dan CD thesis saya hilang entah kemana, saya tidak lagi memiliki file thesis saya. Namun saya masih memiliki hard-copy keduanya, baik skripsi maupun thesis, yang terjilid rapi. Kalau sampai hardcopy-nya juga hilang, skripsi saya masih ada di Perpus ITB, sementara thesis saya masih ada di Perpus UI. Bahkan mungkin ada di Perpus LIPI. Itulah gunanya back-up manual.

Back-up merupakan hal penting dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. Sebuah bank swasta nasional yang sangat terkenal konon katanya memiliki back-up data berlapis. Komputer di pusat datanya dilengkapi perangkat back-up data khusus yang kehandalannya sudah diakui dunia. Lebih dari itu, bank tersebut juga memiliki back-up and recovery center di beberapa tempat, seperti di daerah Cilangkap dan Karawaci. Itu yang mereka publikasikan. Barangkali juga mereka memiliki back-up and recovery center di tempat lain yang mereka rahasiakan. Dan pasti, mereka selalu melakukan pencetakan (menge-print) data transaksi untuk diarsip.

Hingga saat ini sistem back-up data yang dimiliki sistem-sistem data berbasis teknologi informasi sudah sangat canggih. Apa lagi untuk yang sifatnya transaksional dan menyajikan pelayanan real-time on-line. Dalam teknologi back-up and recovery-nya mereka pasti telah menerapkan teknologi mirroring terbaru. Namun demikian, sangat bijak juga jika tetap melakukan back-up manual, yakni menuliskan atau mencetaknya di atas kertas, si media sederhana tapi cukup andal.

Advertisements

2 Responses to “Jangan Lupakan Media Sederhana”

  1. aespe said

    bener pak, saya sih tinggal print, nulis di buku alamat mah bisa gempor tangannya 😀

    btw saya masi punya kyknya chiwriter 4, hehehe

  2. Hery Azwan said

    Saran yang tepat, Pak.
    Sering terjadi kita terlena dengan teknologi sehingga malas mem-backup. Boro2 malas, bahkan terpikir pun tidak untuk mem-backup. Jadi, catatan nomor telepon dan email perlu dipindahkan ke selembar kertas atau block notes yang tersimpan rapi.
    Jika tidak? Siap2 mengalami kepanikan luar biasa bila saatnya tiba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: